Selasa, 28 April 2015

Resep Cara Membuat Soto Ayam Kudus Asli Enak



Bahan bahan Resep Soto Kudus Asli

  1. Seperti namanya, kali ini kita membutuhkan ayam kampung ukuran sedang besar sebanyak satu ekor. Gunakan ayam yang kondisinya bagus dan masih segar (tekstur daging masi keras saat ditekan dan tidak ada warna kebiru-biruan) supaya hasilnya lebih gurih dan enak. Potong ayam menjadi beberapa bagian dan cuci bersih lalu tiriskan sebentar sebelum direbus.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 siung. Kupas kulitnya lalu cincang kasar untuk bumbu sotonya.
  3. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 4 cm. Kupas kasar kulitnya lalu memarkan dan dibakar sebentar sebelum ditumis supaya lebih harum dan terasa di kuah sotonya.
  4. Daun salam yang sudah dicuci bersih kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  5. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 9-10 siung tergantung ukurannya. Kupas kulit bawangnya lalu cincang kasar saja untuk bumbu tumisan sotonya.
  6. Kemiri kurang lebih sebanyak 5 butir.
  7. Lengkuas yang sudah dimemarkan sebelumnya kurang lebih sepanjang 4 cm saja.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya.
  9. Merica bubuk atau halus secukupnya apabila suka. Apabila ada anggota keluarga yang tidak suka pedas sama sekali, merica bisa dihilangkan dan tidak digunakan.
  10. Daun bawang segar kurang lebih sepanjang 2-3 pcs. Cuci bersih lalu potong potong halus untuk bahan taburan di atas kuahnya nanti.
  11. Jeruk nipis kurang lebih sebanyak 1-2 buah. Potong jeruk menjadi 2-3 bagian lalu peras airny lalu kucurkan diatas sotonya nanti.
  12. Bawang merah goreng secukupnya untuk ditaburkan di atas sotonya nanti.
  13. Taoge kecil secukupnya atau kurang lebih sebanyak 100-150 gram. Bersihkan dan buang bagian akarnya, cuci bersih lalu masak sebentar supaya matang.
  14. Daun seledri kurang lebih sebanyak 2-3 pcs. Cuci seledri lalu iris tipis tipis bagian daunya untuk bahan taburan di atas kuah sotonya.
  15. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2,2 liter untuk merebus ayam dan membuat kuah sotonya.
  16. Minyak goreng secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2-3 sendok makan untuk menumis bumbu soto kudusnya.

Cara Membuat Soto Ayam Kudus Enak

  1. Langkah pertama adalah merebus ayam supaya dagingnya lebih empuk.
  2. Ambil satu panci rebusan ukuran agak besar lalu masukkan air bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  3. Masukkan daging ayam kampung atau ayam potongnya dan tambahkan daun salam dan lengkuas yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Rebus sambil sesekali diaduk aduk sampai daging ayam benar benar matang dan teksturnya cukup empuk.
  4. Angkat daging ayamnya lalu tiriskan sebentar. Tunggu daging ayamnya sampai agak dingin lalu suwir suwir daging ayamnya supaya mudah saat penyajiannya nanti. Air rebusan yang berisi kaldu ayam jangan dibuang karena akan dipakai untuk membuat kuah soto ayamnya.
  5. Siapkan penggorengan lalu beri sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu soto ayam kudus.
  6. Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang kasar sebelumnya.
  7. Masukkan jahe dan kemiri ke dalam penggorengan. Aduk aduk sampai bumbu tumisan matang dan tercium bau harumnya lalu angkat.
  8. Panaskan kembali panci yang berisi air kaldu ayamnya (kurang lebih butuh sebanyak 2 liter, bisa ditambahkan dengan air matang kalau kurang) dengan api sedang.
  9. Masukkan bumbu tumisan ke dalamnya dan daun bawangnya lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur sempurna.
  10. Masukkan garam dapur beryodium dan merica bubuknya lalu aduk aduk lagi. Rebus sampai kuahnya mendidih lalu angkat

Resep Cara Membuat Soto Ayam Kudus Asli Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar